Ajang Pembuktian Psikotes Berimbas Penundaan Pulang ke Surabaya

Melanjutkan dari postingan bursa karir senayan, akhirnya saya memutuskan untuk berangkat ke Cileungsi untuk mengikuti serangkaian rekrutmen MT Alfamart yang dimulai dengan psikotest. Akibat dari pengalaman psikotest jasa raharja yang tidak berjalan mulus, psikotest kali ini juga sebagai ajang pembuktian bagi saya kalau saya mampu dan bisa haha. Dengan persiapan yang cukup (karena sehari sebelumnya saya menginap di rumah tante saya di daerah Cibinong), saya berangkat lebih awal sekitar jam setengah 8. Rupanya Bogor lebih macet dibanding Jakarta haha. Tapi alhadulillah saya bisa sampai ke lokasi test pas jam setengah 9 dan ternyata test baru dimulai pukul 9.

alfamart

Test diawali dengan presentasi profil perusahaan alfamart dan sesi tanya jawab. Karena saya tiba paling akhir, saya tidak kebagian kursi yang tak bermeja. Tapi itu tak menjadi penghalang karena saya membawa alas yang saya pinjam dari adik perempuan saya. Tahu kan karena punya adik (perempuan lagi), background alas pun bergambar barbie and friends haha. Di tahapan psikotest ini dibagi menjadi dua, pertama psikotest pada umumnya dan yang kedua tes bahasa inggris. Setelah itu kita diberi waktu istirahat sekitar satu jam kemudian kembali lagi untuk menerima hasil. Alhamdulillah waktu itu saya dinyatakan lolos (alangkah senangnya pembalasanku berhasil). Setelah itu lanjut mengerjakan tes kepribadian yang jumlah soalnya sekita 100 berapa itu, tujuannya untuk mengetahui kesesuaian pribadi kita dengan budaya yang ada di perusahaan. Oh ya lupa, sewaktu penguji HR mempresentasikan profil dan posisi yang sedang dibuka. Saya memutuskan untuk berganti posisi yang awalnya saya mendaftar MT menjadi Merchandising. Karena jurusan yang dibutuhkan spesifik ke Sistem Informasi. Balik ke proses yang tadi berjalan, sembari mengerjakan test kepribadian. Satu-persatu peserta yang tersisa dipanggil untuk melakukan interview HR.

Setelah menunggu hingga 3 jam-an lebih, akhirnya nama saya dipanggil. Seperti biasa, saya selalu grogi di 10 detik pertama. Sehingga waktu perkenalan juga saya agak tersendat gitu yang ga aku banget pokoknya. Tapi setelah dipancing dengan pertanyaan dari penguji, akhirnya saya bisa menceritakan pengalaman organisasi saya sewaktu kuliah. Karena saya orangnya suka cerita, ya saya juga ceritakan alasan kenapa saya yang orang Surabaya bisa sampai melamar ke Jakarta. Karena saya orangnya jujur ya saya juga cerita kalau dalam rangka liburan yang kebetulan rencananya besok saya ingin kembali ke Surabaya. Tapi saya tetap menunjukkan kesungguhan saya untuk mau bergabung dengan beberapa konsekuensi yang juga saya jadikan pertimbangan (termasuk proses rekrutmen telkom yang sedang saya jalani). Namun dari situlah si penguji mencoba untuk mencegah kepulangan saya. Entah dari hasil psikotest atau memang penguji tertarik dari pengalam organisasi saya, beliau sangat tertarik dengan kemampuan saya.

wes, gini aja mas. saya berani bilang kalau kalau kamu lolos ke tahapan selanjutnya.

Wow, berasa petir yang ada di otak saya saling menggelegar bersautan. kemudian saya pastikan lagi, ini untuk posisi yang mana nih? MT, IT Support atau Merchandising?. Penguji mengembalikan lagi ke saya, kalau memang mau ke IT Support paling tidak besok saya bisa langsung interview user ke Cikokol (wew besok? Cikokol itu apa? haha).

Baik bu, saya pilih lanjut ke MT saja.

Nah mungkin bagi ibu penguji, Mission Accomplished haha. Kemudian lanjut ke pertanyaan terakhir terkait gaji yang diharapkan, karena saya masih buta terkait gaji dan pretelan-pretelannya. Saya jawab sesuai kebutuhan aja sih dan UMR yang berlaku. Setibanya di rumah saya langsung memberitahukan orang rumah kalau saya menunda kepulangan saya ke Surabaya untuk mengikuti tes lanjutan Alfamart. Bersambung….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s